Wednesday 5 October 2011

Sepuluh Kiat Cara Belajar Cepat dan Terukir Dalam Ingatan


Buat agan-agan yang mempunyai masalah ketika belajar.  Seperti sulit mengingat apa yang kita pelajari, belajar sering tidak konsentrasi, dan ada saja gangguan yang kita alami ketika hendak kita belajar. Ane akan memberi sedikit kiat atau tips cara belajar cepat dan terukir dalam ingatan. Mudah-mudahan tips yang ane berikan dapat mengatasi masalah belajar yang agan-agan sedang alami.

Berikut, Sepuluh Kiat Cara Belajar Cepat dan terukir Dalam Ingatan :
  1. Niat mencari ilmu, apabila kita ingin memulai sesuatu kita harus niat dahulu gan. Sama hal-nya dengan belajar gan…, kita harus niat terlebih dahulu, agar kita fokus.
  2. Berdo’a dan suasana santai, belajar juga harus didahului dengan do’a, agar apa yang kita pelajari dapat bermanfaat. Buat diri anda sesantai mungkin dan se-rileks mungkin dan jauhkan diri anda dari keadaan tertekan. Belajar itu tidak boleh tertekan dan harus berasal dari kemauan diri sendiri bukan paksaan dari orang lain.
  3. Penerangan cukup, penerangan juga hal yang sangat penting gan, mana bisa kita belajar di tempat yang penerangan nya kurang memadai. Bisa-bisa mata kita rusak gan ( hehehehe…. ).
  4. Kesehatan tidak terganggu, kalau belajar ketika sedang sakit pasti apa yang kita pelajari sangat sulit untuk kita terima. Ketika sedang sakit aja, kita bisa izin tidak masuk sekolah ya kan gan…, pokok nya kalau sedang sakit mau ngapa-ngapain kaga enak dah gan… . Apalagi belajar kan sangat menguras otak gan...! .
  5. Hindari dopping, narkoba dan pacaran, waddduuuhhh…., kalau dah dengar kata dopping sama narkoba, ngeri kali ya gan…! . Sebaiknya jauh-jauh lah dari kedua benda itu gan…, kalau dah menggunakan narkoba jangankan belajar mau masuk ke otak, hidup kita aja bisa ancur gan…! . Kalo pacaran itu mah terserah agan sendiri sih…, cz berdasarkan pengalaman ane gan sewaktu sekolah, teman-teman ane yang dapat peringkat ada kok yang pacaran ( hehehhehhee…., jadi curhat nih gan…! ). Asalkan agan bisa bagi waktu untuk belajar, jangan ketika belajar agan ngebayangin, sms san atau telepon-teleponan  ama gebetan agan.
  6. Pegang pensil atau stabilo, beri tanda yang penting, cara ini mungkin cara yang sudah sering agan gunakan. Dengan memberikan tanda pada bagian yang agan anggap penting.
  7. Coba menyalin dengan tulisan tangan, cara ini sama dengan cara ke-6. Tetapi disini agan dapat menyalin kembali bagian-bagian yang agan anggap penting kedalam buku catatan. Kan.., sewaktu-waktu kalo agan punya waktu luang agan bisa baca-baca kembali catatan yang agan telah buat.
  8. Ulangi membaca bagian yang dianggap penting, maksudnya kita harus benar-benar memahami apa yang kita anggap penting.
  9. Diskusikan dengan teman yang dianggap lebih pandai dalam mata pelajaran yang bersangkutan, biasanya kalo kita belajar dengan teman tuh lebih cepat mengertinya gan.
  10. Untuk orang islam, sebelum belajar bisa baca al-qur’an terlebih dahulu.

Sekian tips atau kiat yang ane berikan, semoga dapat bermanfaat buat agan-agan yang membacanya.



2 comments :

efandamar said... Reply Comment

Salam Kenal sob,makasih dah like ya

Out_this genk said... Reply Comment

@efan.ganteng: salam kenal juga sob..., sama-sama sob...!!!!

Post a Comment

Tolong Komentarnya ya gan....!!!

 

out_this genk Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger