Monday 21 May 2012

Efek Rumah Kaca (ERK)


Hello…, Sob…, pada kesempatan kali ini ane ingin membahas profile dari salah satu band Indie favourite  ane gan…, yaitu (eng…, ing…, eng…,) Efek Rumah Kaca atau yang lebih sering disebut dengan ERK adalah nama sebuah band yang berasal dari Jakarta. Band Indie asal Jakarta yang satu ini di gawangi oleh Cholil Mahmud (vokal, gitar), Adrian Yunan Faisal (vokal latar, bass), dan Akbar Bagus Sudibyo (drum, vokal latar). Lirik-lirik dari lagu band yang satu ini sangat vokal menyuarakan masalah sosial yang terjadi di masyarakat, seperti  “Kenakalan Remaja di Era Informatika” di album Efek Rumah Kaca, yang menceritakan kebiasaan-kebiasaan buruk remaja menggunakan media informatika. “Diudara” di album Kamar Gelap,  yang menceritakan perjuangan salah satu aktivis HAM di Indonesia yang telah wafat yaitu Alm. Munir. Kalau menurut ane sih hampir semua lagu-lagu dari band yang satu ini memiliki lirik-lirik yang kritis, dan hal tersebut  yang menjadikan band yang satu ini memiliki daya pikat lain ketimbang band-band lainnya. Kalau zaman 90-an kita mengenal Iwan Fals dengan lirik-lirik kritis nya.

Terbentuk pada 2001, band ini sempat mengalami bongkar pasang personil, serta berganti nama hingga tiga kali akhirnya mereka mantap dengan format band bertiga dan menggunakan nama band Efek Rumah Kaca pada 2005.
Sebelumnya, band ini bernama Hush. Nama ini kemudian diganti menjadi Superego, lalu berubah lagi pada tahun 2005 menjadi Efek Rumah Kaca yang diambil dari salah satu judul lagu pada album perdana mereka.

Efek Rumah Kaca pertama kali muncul dalam album kompilasi bertajuk SCIENCE IN MUSIC pada 2008. Debut album perdana ERK adalah EFEK RUMAH KACA pada 2005 dan dilanjutkan dengan album kedua bertajuk KAMAR GELAP pada 2008.Meski band yang disebutkan beraliran post-rock maupun shoegaze namun ERK sendiri lebih memilih musik mereka pop.

Penghargaan yang pernah di raih oleh Efek Rumah Kaca antara lain : Nominator AMI Award 2008,Rookie of the Year 2008, Rolling Stone Indonesia,Peraih MTV Music Award 2008, kategori The Best Cutting Edge.

0 comments :

Post a Comment

Tolong Komentarnya ya gan....!!!

 

out_this genk Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger