Thursday 16 April 2015

Bahasa Pemrograman

Bahasa merupakan suatu sistem untuk berkomunikasi. Bahasa tertulis menggunakan simbol, yaitu huruf, untuk membuat kata. Dalam ilmu komputer, bahasa manusia disebut bahasa alamiah (natural language)  yang mana komputer tidak bisa memahaminya, sehingga kemudian diperlukan suatu bahasa komputer.
Bahasa yang dapat dimengerti komputer disebut bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman sering disebut juga denganp Programing Language. Menurut Sugiyono (2005c:6) “ Programing Language yaitu bahasa yang digunakan untuk Penulisan Suatu Program”. 
Berdasarkan perkembangan evolusi komputer, maka Programing Language menurut Sugiyono (2005d:6) dapat dikelompokkan menjadi lima yaitu:
a.         Machine Language
Suatu bahasa yang dirancang dan diarahkan kepada Bahasa Mesin (komputer) yang didalamnya terdapat CPU. Yang hanya mengenal dua keadaan yaitu bilangan 0 (kondisi Off) dan 1 (kondisi on).
b.        Low Level Language
Bahasa ini masih banyak berorientasi pada mesin, karena menggunakan simbol Mnemonic (membantu dan mengingat) maka disebut juga Asembler Language.
c.         Midle Level Language
Adalah bahasa yang menggunakan prosedur dalam penulisan pernyataan atau instruksi, dan dapat langsung diakses oleh komputer.
d.        High Level Language
Adalah bahasa pemrograman yang diarahkan kepada bahasa yang dikenal  oleh penyusun program (Programmer) dan tidak lagi berorientasi kepada mesin komputernya, tetapi didalam pengolahannya bahasa ini masih perlu diterjemahkan kedalam bahasa mesin komputer, oleh karena itu disediakan penterjemah.

0 comments :

Post a Comment

Tolong Komentarnya ya gan....!!!

 

out_this genk Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger